Sabtu, 07 April 2012

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih

MANUSIA
       Manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan Tuhan di Dunia ini. Mereka dibekali akal fikir dan perasaan serta budi pekerti. Cinta kasih termasuk didalam kategori perasaan yang saling membutuhkan dan mencurahkan perhatian kepada pasangan lawan jenis yang sering kita sebut sebagai kasih sayang. Setiap orang yang hidup didunia ini pasti memiliki rasa cinta kasih yang menimbulkan rasa sayang. Perlu diketahui bahwa cinta kasih ini terdiri dari beberapa macam dan perwujudan nyata didunia antara lain:
·        Cinta kasih terhadap sesame
·        Cinta kasih terhadap hewan dan tumbuhan
·        Cinta kasih terhadap semua yang Tuhan berikan kepada manusia, dan
·        Cinta kasih kepada Yang Maha Kuasa.

CINTA KASIH
        Cinta kasih sering dikaitkan dalam hubungan antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan yang memiliki rasa saling menyukai satu sama lain. Sementara dalan pengertian agama cinta kasih adalah perwujudan rasa syukur kita terhadap apa yang Tuhan  berikan. Dan cinta kasih sesama umat manusia selalu diajarkan di dalan agama. Karena dengan cinta kasih dapat menjauhkan dari pertengkaran diantara manusia itu sendiri. Ada tiga tingkat cinta, yaitu: 
·        Cinta atas dasar harapan mendapat sesuatu.
Yaitu ketika seorang yang mencintai kekasihnya karena menginginkan sesuatu dari kekasihnya itu. Dan sesuatu yang diinginkannya itu biasanya berujud materi.
·        Cinta atas dasar mengharap ridho kekasih.
Cinta seperti ini lebih tinggi tingkatannya dari yang pertama.Yaitu mencintai kekasih karena semata mengharap ridhonya. Orang yang memiliki cinta tingkat kedua ini akan melakukan apapun secara sukarela dengan tujuan agar kekasih mendapatkan kebahagiaan. Agar kekasih memperoleh kesenangan. Agar kekasih terhindar dari marabahaya, dll. Terkadang dia berani mengambil resiko besar dalam melakukan hal-hal tersebut. Terkadang dia bersedia melakukan sesuatu yang konyol dan memalukan. Terkadang dia mau melakukan sesuatu yang tidak masuk akal.
·        Cinta atas dasar mengharap Ridho Allah sekaligus ridho kekasih.
Inilah cinta sejati. Inilah cinta tertinggi. Pada cinta jenis kedua (mengharap ridho kekasih), adakalanya orang tersebut melakukan sesuatu dengan tulus namun apa yang dilakukannya itu tidak diridhoi oleh Allah, Sang Pencipta Cinta. Artinya apa yang dilakukannya itu menyimpang dari aturan-aturan agama. Jika demikian adanya, maka dia dan kekasihnya tidak akan merasakan kebahagiaan sejati. Yang dirasakannya hanyalah kesenangan jangka pendek dan bersifat semu.

        Cinta kasih sangat diperlukan oleh seluruh umat manusia terutama sekarang ini. Karena sekarang ini banyak sekali kejadian disekitar kita yang tidak menunjukkan rasa cinta kasih, seperti penganiayaan, pelecehan, dan lain-lain. Semua itu adalah bukti bahwa telah lunturnya rasa kasih sayang diantara umat manusia. Kasih sayang adalah sebuah ungkapan salilng menghargai dan memahami oerbedaan, bila rasa ini semua bisa terwujud dalam kehidupan sehari-hari, niscaya keharmonisan dan kemesraan diantara masyarakat akan terpelihara. Kemesraan bukan berarti masalah asmara manusia di dunia. Lebih dari itu, kemesraan adalah lambing sebuah kedamaian di dunia ini.dari rasa cinta kasihlah kedamaian itu akan datang, bila setiap orang memahami dan saling mengasihi satu sama lain pasti akan tercipta sebuah kehidupan yang damai dan tentram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar