Jumat, 07 Desember 2012

Seniman Indonesia


Seniman Indonesia Populer Di Luar negri.
Jakarta (Pos Kota) – Bangsa Indonesia kurang menghargai karya para seniman. Buktinya, seniman Indonesia lebih popular diluar negri dibandingkan di dalam negri.
“Memang banyak galeri seni di luar negri yang menampilkan karya anak muda Indonesia. Seniman Indonesia banyak yang lebih terkenal di luar negri.” Kata Wati Murani, Direktur Pengembangan Seni Rupa Kemenparekraf, dalam temu pers Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 yang diadakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta, sabtu (24/11). Agenda PPKI kali ini menampilkan pameran karya lima seniman Indonesia.
Menurut Wati, Indonesia memiliki banyak seniman andal dengan karya seninya yang tak perlu lagi diragukan keindahan dan keunikannya. Sayangnya keberadaan seniman ini acapkali terabaikan oleh bangsa sendiri. Mereka akhirnya memilih berpameran diluar negri sebagai tempat mengekspresikan diri serta mempertontonkan karyanya, dan ternyata mendapat sambutan hangat.
Wati berharap, pameran seni rupa dari kelima seniman itu dapat mengangkat nama seniman Indonesia. “Karena itulah, perlu ada event sebesar ini agar karya-karya perupa Indonesia lebih dikenal.”tambahnya.
Joko dwi Avianto, satu seniman yang memamerkan karyanya di PPKI 2012 mengakui, dirinya lebih dikenal diluar negri dibanding disini. Diluar negri seperti Singapura, Jepang, dan Eropa Barat lebih banyak peluang berekspresi maupun menggali potensi seni rupa. “Di dunia internasional, seniman Indonesia sudah banyak dikenal di kalangan galeri-galeri dan kolektor.”ujar Joko.
Di PPKI 2012, pengunjung disuguhi pameran lukisan, karya pematung serta fotografi. Disamping pameran, ada juga gerai seni rupa yang menampilkan karya pengrajin, seperti keris, sulam, dan lukisan yang dapat dibeli pengunjung.
Penyelenggaraan PPKI 2012 diharapkan mampu menjadi tempat yang menginspirasi orang lebih kreatif atau melahirkan ide-ide baru melalui pengakuan kepada mereka yang telah berprestasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar