Jumat, 07 Desember 2012

Lingkungan Jakarta Rusak


Lingkungan Jakarta Rusak.
Menteng (Pos Kota) - Jakarta adalah salah satu kota dengan penataan lingkungan yang sangat buruk. Kota ini dikepung berbagai kerusakan dari banyak segi mulai dari pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan tanah hingga hilangnya lahan-lahan terbuka hijau.
“Perencanaan  pembangunan yang dilakukan oleh para pemimpin dari masa ke masa juga menghasilkan pembangunan yang kian merusak kota.” Ujar Prof Eko Budihardjo, guru besar arsitektur dan perkotaan Undip, disela seminar yang digelar Universitas Trisakti, kemarin.
Kerusakan kota Jakarta menurut Eko adalah akumulasi dari dosa besar yang dilakukan para pemimpinnya. Terutama dalam hal tata ruang perkotaan dimana telah terjadi penyimpangan besar-besaran. Misalnya, berubahnya taman menjadi pom bensin, kuburan jadi apartement, gedung olahraga jadi hotel, ruang terbuka hijau menjadi plza dan sebagainya.
Memperbaiki kondisi lingkungan Jakarta, menurut Eko, Gubernur Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu jalan sendiri. Ada pihak-pihak lain yang mesti digandeng, mulai dari masyarakat biasa hingga intelektual di bidang kota. Sebab tata kota yang menuruti keinginan dan pemikiran para birokrat, terbukti sudah membuat lingkungan Jakarta porak poranda.
Rektor Universitas Trisakti Prof Thoby Mutis mengatakan bahwa manajemen pembangunan kota yang baik tetap harus memperhitungkan keberadaan masyarakat. “Tak cukup menata kota atas dasar isi kepala dan kemauan para birokrat, masyarakat sebagai komunitas pengguna kota juga harus diperhitungkan dan diikutsertakan dalam proses pembangunan kota.” Ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar