Jumat, 19 April 2013

Sehat saat bekerja


Sehat Saat Bekerja
          Banyak pekerjaan kantor, terpaksa harus duduk berjam-jam didepan computer untuk mengerjakan tugas. Namun, tahukah anda jika duduk didepan computer dalam waktu lama tidak baik bagi tubuh karena dapat  menimbulkan sakit punggung akibat postur tubuh yang buruk, ketegangan mata, dan banyak efek buruk lainnya.
          Bekerja merupakan ibadah, namun tidaklah harus mengorbankan kesehatan anda. Jika anda salah satu dari orang-orang yang harus berada di meja sepanjang hari, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat anda ikuti agar karir dan kesehatan anda seimbang.
·         Duduklah dalam posisi yang ideal, yakni posisi monitor sedikit lebih rendah dari mata anda.
·         Taruh bantal kecil dibelakang punggung bawah anda, agar sekitar pinggang dan bokong dapat nyaman dan beristirahat.
·         Gerakan tangan, bahu, dada, leher, perut dan kaki setiap maksimal 1 jam untuk mengindari rasa pegal, pusing dan melancarkan peredaran darah.
·         Mata juga membutuhkan istirahat. Alihkan pandangan ke objek yang lebih jauh setiap ½ jam sekali, untuk menghindari rasa lelah pada mata.
·         Cobalah sesering mungkin berdiri. Tetapi saat anda diharuskan duduk berjam-jam didepan computer atau didepan tumpukan kertas kerja, berdiri dan berjalan sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur dan menghindari ambeien. Selain itu, berjalan dapat mengurangi tingkat stress.
·         Ambil nafas dalam-dalam. Setiap ½ jam atau 1 jam ambil nafas dalam-dalam untuk melatih otot perut, dada dan meningkatkan oksigen yang masuk kedalam tubuh.
·         Duduk terlalu lama, dpat membuat cairan dalam tubuh berkurang. Minumlah air putih, agar anda terhindar dari dehidrasi dan sakit pinggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar